Kumpulan Soal Dan Kunci Respon Up Ppg Mapel Ips Modern - Kelas Online
PPG - Selamat tiba di kelas online , menginjak tahun pelajaran 2019/2020 , berikut admin sampaikan mengenai Tips lulus PPG , Kumpulan Soal , Jawaban dan Pembahasan UP UKM PPG 2019/2020.
Nah , pada peluang ini kami akan khusus membahas mengenai Kumpulan Soal dan kunci respon UP PPG MAPEL IPS terbaru. Perlu dikenali bareng bahwa pelaksanaan UP UKM PPG pastinya setelah Bapak/Ibu guru sudah selesai menyelesaikan kiprah final dan melakukan soal-soal formatif dan sumatif modul 1 2 3 4 5 6 kompetensi pedagogik dan juga menyelesaikan semua modul di kompetensi profesional.
Bagi Bapak/Ibu yang sedang melaksanakan ppg daring ataupun yang sedang bersiap siap mengikuti UP UKM PPG 2019/2020 , berikut Kumpulan Soal dan kunci respon UP PPG MAPEL IPS terbaru.
Untuk mendownload / menyaksikan soal UP UKMPPG 2019 sesuai bidang anda silahkan klik pada alamat tautan yang tersemat di bawah ini:
Soal UP
Soal UP UKM PPG Taman Kanak-kanak
Soal UP UKM PPG SD
Soal UP UKM PPG SMP
Soal UP UKM PPG SMA
Soal UP UKM PPG SMK
keyword:
soal up ppg 2019
soal up ppg 2018
soal up ppg bahasa inggris
soal up ppg bahasa inggris
latihan soal up ppg
soal up ppg 2019
soal up ppg 2018
soal up ppg
latihan soal up ppg
soal up ppg bahasa inggris
soal ukmppg matematika
soal ukmppg
soal ukmppg matematika
soal ppg pgsd
latihan soal up pgsd
soal up ukmppg pgsd
soal ppg pgsd
soal up pgsd
soal ppg bahasa indonesia
soal skb guru bahasa indonesia
soal ppg fisika
soal ppg kimia
soal ppg tk 2019
soal ppg guru tk
soal ppg tk 2019
soal ppg tk
soal ppg guru tk
soal up ppg
soal ppg sejarah
soal ppg pjok 2019
soal ppg pjok 2019
soal ppg pjok
soal ppg ips smp
soal ppg ips
soal ppg ips smp
soal ppg ipa kemenag
soal ppg ipa smp
soal ppg ipa smp
soal ppg ipa kemenag
soal ppg ipa
soal ppg pkn
Demikian yang modern dari kelas online terkait dengan Kumpulan Soal , Jawaban dan Pembahasan Soal Kompetensi Profesional IPA UP UKM PPG 2019/2020 khusunya Kumpulan Soal dan kunci respon UP PPG MAPEL IPS terbaru
Nah , pada peluang ini kami akan khusus membahas mengenai Kumpulan Soal dan kunci respon UP PPG MAPEL IPS terbaru. Perlu dikenali bareng bahwa pelaksanaan UP UKM PPG pastinya setelah Bapak/Ibu guru sudah selesai menyelesaikan kiprah final dan melakukan soal-soal formatif dan sumatif modul 1 2 3 4 5 6 kompetensi pedagogik dan juga menyelesaikan semua modul di kompetensi profesional.
Bagi Bapak/Ibu yang sedang melaksanakan ppg daring ataupun yang sedang bersiap siap mengikuti UP UKM PPG 2019/2020 , berikut Kumpulan Soal dan kunci respon UP PPG MAPEL IPS terbaru.
Soal berikut disusun untuk menolong anda dalam menyiapkan diri mudah-mudahan berhasil dalam menghadapi soal UP UKM PPG pada mata pelajaran IPS
Diharapkan untuk berlatih menjawab soal apalagi dulu ! kemudian mencocokkan dengan kunci respon yang sudah ditawarkan di final soal
1. Karakteristik Kurikulum tahun 1994 dilihat dari bahan pelajaran ditata secara terpadu sedangkan keluasan bahan diserahkan terhadap guru selaku pengembang kurikulum , hal ini berlawanan dengan karakteristik kurikulum tahun 2006 dengan karakteristik ... .
A. lebih gampang dan efektif serta berorientasi pada kompetensi dasar dan persyaratan kompetensi
B. bahan disuguhkan secara terpisah atau broad-field
C. bahan sungguh padat yang terbagi kedalam pokok bahasan
D. menggunakan pendekatan spiral dari lingkungan terdekat dan sederhana hingga ke lingkungan makin luas dan kompleks
2. Latar belakang dan landasan Kurikulum Pendidikan IPS tahun 1994 dipusatkan pada ketiga kesanggupan dasar yakni membaca , menulis dan berhitung sedangkan kurikulum tahun 2006 berlandaskan pada ... .
A. sejarah nasional selaku sub bidang studi IPS dan diajarkan secara terpisah
B. menekankan pada ketercapaian kompetensi dasar dari persyaratan kompetensi yang disyaratkan pada setiap kelas
C. bahan pendidikan IPS dipisahkan dan dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan moral Pancasila
D. penyusunan IPS menurut pada pendekatan spiral.
3. Ilmu Sosial sanggup bikin tenaga cakap dibidangnya sedangkan IPS (Study Social) akan membentuk warganegara yang berkemampuan sosial , pernyataan ini ialah perbedaan antara IPS dan Ilmu Sosial dilihat dari ... .
A. tujuan
B. pengertian
C. objek
D. pendekatan
4. Hasil pengamatan yang sanggup dibuktikan secara empiris yakni fakta sedangkan insiden yang pernah terjadi tapi masih mesti dibuktikan kebenarannya yakni perbedaan pengertian antara fakta dan ... .
A. peristiwa
B. generalisasi
C. konsep
D. sejarah
5. Dari pernyataan berikut ialah pola dari kemampuan sosial dalam proses berguru mengajar ... .
A. pada final pembelajaran IPS siswa diberi kiprah bikin laporan karyawisata
B. memimpin diskusi kalangan dalam topik “Banjir”
C. siswa sanggup menggunakan globe dengan benar
D. siswa sanggup mencari Topik “Kerawanan sosial” dari majalah atau surat kabar
6. Dari Topik “Wilayah Indonesia mempunyai potensi gempa” seleksilah pernyataan yang membedakan pola konsep dan generalisasi :
A. letak wilayah gempa – pada pukul 9.00 WIB terjadi gempa di kepulauan Nias
B. gempa bumi di lautan Hindia – wilayah gempa di Indonesia sanggup dilihat pada Peta
C. gempa Tektonik – gempa yang dahsyat di atas 5 skala Richter
D. pada tahun 2005 terjadi gempa di Aceh – luas daerah gempa meraih 15 kilometer
7. Keterampilan siswa untuk menemukan informasi , membentuk konsep , berfikir kritis , mengambil keputusan , menggunakan media dalam menafsirkan fakta untuk menyusun laporan ialah kemampuan ... .
A. personal
B. intelektual
C. sosial
D. penyesuaian prilaku
8. Dalam topik “Zaman pergerakan Nasional’ pola keterkaitan antara fakta dan konsep dari pernyataan berikut yakni :
A. Gambar tokoh-tokoh pergerakan Nasional – Zaman Kolonialisme
B. Naskah Sumpah Pemuda - Perwujudan Naionalisme sesuai dengan jamannya
C. Persatuan Bangsa – penjajahan memicu konflik
D. Pertempuran 10 Nopember di Surabaya – Peringatan Sumpah Pemuda
9. Berikut ini yang bukan ialah tujuan pengajaran globalisasi selaku imbas animo globalisasi terhadap pembelajaran IPS :
A. menolong siswa menyebarkan kesanggupan pengertian bahwa insan mempunyai saling ketergantungan
B. menolong siswa bahwa selaku bangsa mempunyai duduk kendala yang serupa menyerupai keistimewaan penduduk , pencemaran , dan kelaparan
C. menolong siswa menyebarkan kesanggupan berfikir kritis terhadap duduk kendala dan kemampuan menganalisis
D. merespon globalisasi dari sisi laba saja
10. Proses asimilasi sanggup terjadi secara lambat menyerupai relasi penduduk China dengan penduduk Yogjakarta menurut observasi lambatnya proses asimilasi disebabkan oleh sikap toleransi dan simpati yang kurang diantara ke dua bangsa tersebut hal ini memicu ... .
A. stereotype (CARA PENDANG) dalam kalangan primondial
B. etnocentrisme (PENILAIAN)
C. budaya secara lazim dikuasai antipati terhadap budaya minoritas
D. penduduk dengan latar budaya yang berbeda
11. Tanah longsor , pengikisan dan pencemaran yang terjadi di sebuah tempat ialah permasalahan lingkungan yang disebabkan faktor ... .
A. daya dukung lingkungan yang tidak memadai
B. perkembangan penduduk yang cepat
C. kekurangan kesanggupan lahan
D. pertumbuhan peradaban manusia
12. Terjadinya perbedaan kepentingan antara satu individu dengan individu lainnya dalam interaksi sosial sanggup memicu duduk kendala dimasyarakat selaku duduk kendala ... .
A. hukum
B. lingkungan
C. ketertiban
D. norma
13. Untuk menerapkan pembelajaran IPS yang berhubungan erat dengan duduk kendala kesadaran aturan dan pendidikan kesadaran aturan , guru IPS mesti bisa menyuguhkan topik IPS menyerupai pernyataan berikut :
A. menampilkan konsep-konsep Hukum dalam pembelajaran IPS
B. mengeluarkan duit pajak ialah kesadaran penduduk terhadap hukum
C. menyuguhkan pasal-pasal hukum
D. mengkaji duduk kendala sosial kedalam hukum
14. Pembelajaran IPS dengan pendekatan kognitif yang berorientasi pada proses observasi dengan proses inquiry mempunyai urutan selaku berikut :
A. fakta – konsep - -generalisasi – kesimpulan
B. duduk kendala – hipotesis – data – kesimpulan
C. data – duduk kendala – hipotesis – kesimpulan
D. konsep – duduk kendala – hipotesis – laporan
15. Menurut Goleman (1996) karakteristik pendekatan sosial dan personal dalam pembelajaran IPS ialah bentuk pedagogis terhadap dimensi sosial selaku berikut....
A. emosi , nilai , sikap dan prilaku sosial
B. pengembangan dan latihan
C. kesanggupan operasional dan pemain drama sosial
D. selaku objek dan selaku pengamat
16. Pembelajaran IPS dengan menggunakan pola penduduk dari banyak sekali bidang , dan tempat dengan menampilkan gambar , kliping dari tokoh tersebut ialah salah satu langkah versi pendekatan dalam pembelajaran IPS versi ... .
A. ekspositori berorientasi nilai dan sikap
B. analitik keteladanan
C. kajian nilai
D. integratif konsep dan nilai
17. Model pendekatan ekspositori berorientasi nilai dan sikap dalam Pembelajaran IPS mempunyai karaktersitik selaku berikut :
A. bentuk komunikasi dialogis lewat ceramah , peragaan dan tanya jawab
B. dengan menggunakan analisis sampel keteladanan penduduk dari banyak sekali bidang , dan tempat dengan menampilkan gambar , kliping dari tokoh
C. pendekatan kajian nilai secara sistematis dan mendasar
D. pembahasan konsep yang mempunyai implikasi nilai yang dikaji secara akademis
18. Langkah permulaan yang mesti ditangani dalam perancangan metode pembelajaran IPS dengan pendekatan kognitif untuk menegaskan alokasi waktu yang tersedia dalam menyodorkan bahan IPS yakni ... .
A. garis besar aktivitas pembelajaran
B. struktur program
C. analisis bahan pelajaran
D. sumber belajar
19. Salah satu ciri dalam mendesain metode pembelajaran IPS yang berlandaskan pendekatan sosial yakni ... .
A. memberi sumbangan cara melaksanakan diskusi
B. bikin iklim dan memanggil keterlibatan
C. mengandung faktor sosial untuk terciptanya diskusi kelas
D. menolong menyusun program
20. Metode pendekatan personal dalam Pembelajaran IPS mempunyai ciri karakteristik yang diinginkan dalam bikin suasana hangat , bikin relasi baik antara siswa dengan guru atau siswa dengan siswa yang bersifat pribadi ialah tahapan dalam ... .
A. bikin iklim yang memanggil keterlibatan siswa
B. penyuguhan duduk kendala sosial
C. pelaksanaan program
D. pengenalan prinsip tingkah laku
21. Untuk mendesain pendekatan penyesuaian prilaku dalam pembelajaran IPS diinginkan lima tahap , tahap yang berencana mudah-mudahan siswa sanggup mengerti kesusahan yang dihadapi utamanya pada fungsi lingkungan yang tidak permanen ialah tahap ... .
A. menegaskan data dasar
B. pengenalan prinsip tingkah laku
C. pelaksanaan program
D. tindak lanjut
22. Dalam mendesain pendekatan ekspositori dalam Pembelajaran IPS salah satu karakteristik yakni guru mesti memancing pengalaman berguru yang berkaitan dengan bahan pelajaran IPS yang hendak disampaikan ialah tahap ... .
A. pendahuluan
B. penyajian
C. umpan balik
D. penutup
23. Metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS dengan pendekatan kognitif , dalam perancangannya diinginkan tahapan. Ada tahap dimana guru perlu menunjukan hakikat objek dan kondisi serta menilik insiden duduk kendala yakni tahap ... .
A. penyuguhan masalah
B. menghimpun dan verifikasi data
C. menghimpun elemen baru
D. merumuskan penjelasan
24. Dalam proses pembelajaran siswa dengan sumbangan guru menegaskan duduk kendala sosial selaku pokok bahasan dengan topik yang menawan , merumuskan duduk kendala dan menangkal ruang lingkup permasalahan proses ini dalam latihan inquiry pembelajaran IPS yang berlandaskan pendekatan sosial yakni tahap ... .
A. orientasi
B. hipotesis
C. definisi
D. eksplorasi
25. Tugas guru mendorong siswa untuk berperan serta dalam aktivitas berguru mengajar dan menyeleksi siswa mengenai topik yang ditulis ialah salah satu langkah dalam penyusunan rencana pembelajaran IPS dengan pendekatan personal yakni pada tahap ... .
A. bikin iklim yang memanggil keterlibatan siswa
B. melibatkan siswa dalam merumuskan duduk kendala untuk diskusi
C. mengarahkan siswa mengidentifikasi alternatif tindakan
D. membimbing siswa untuk merumuskan kesepakatan
26. Pada tahap pendahuluan dengan menggunakan metode Pembelajaran IPS dengan versi pendekatan ekspositori yakni ... .
A. mengarahkan siswa untuk menyeleksi pokok bahan diskusi
B. memancing pengalaman siswa yang berkaitan dengan bahan pelajaran
C. diakhir pembelajaran ditangani penilaian akhir
D. setelah pembelajaran selesai ditangani penarikan kesimpulan dan tindak lanjut
27. Pernyataan berikut yang bukan ialah perbuatan dalam mendesain alat penilaian pembelajaran IPS yakni ... .
A. menyusun kisi-kisi soal
B. merumuskan kompetensi dasar
C. menyeleksi siswa penerima tes
D. bikin indikator soal
28. Untuk menyusun alat penilaian pembelajaran IPS dengan menggunakan kata kerja mendemonstrasikan , menampilkan , menuliskan , menggambarkan dan mengklasifikasikan yakni faktor berfikir ranah kognitif untuk tingkat ... .
A. knowledge
B. application
C. comprehension
D. analysis
29. Untuk mengukur faktor nilai dan sikap sosial pada rancangan alat penilaian hasil pembelajaran IPS diinginkan instrument tertentu , berikut ini yang bukan alat penilaian untuk mengukur nilai dan sikap yakni ... .
A. rating scale
B. chek list
C. wawancara
D. survey
30. Dalam mendesain alat penilaian hasil berguru IPS mengenai topik ”Penduduk Indonesia” , hasil berguru yang paling cocok untuk menganggap faktor kemampuan dari bahan tersebut yakni ... .
A. mendeskripsikan profil penduduk di Indonesia dengan grafik
B. membaca peta Indonesia
C. mencari informasi penduduk di setiap propinsi
D. menampilkan gambar penduduk di Indonesia
31. Suatu titik tolak atau sudut pandang mengenai cara bagaimana mengurus proses aktivitas berguru dan sikap dari para siswa mudah-mudahan sanggup aktif melaksanakan kiprah berguru mudah-mudahan sanggup meraih tujuan berguru yang sudah ditetapkan ialah ...
a. Pendekatan pembelajaran
b. Metode pembelajaran
c. Model pembelajaran
d. Strategi pembelajaran
32. Sebagai pedoman lazim dalam menyusun perbuatan metode pembelajaran yang hendak digunakan , menampilkan garis-garis acuan untuk perancangan pembelajaran , menganggap hasil-hasil pembelajaran yang sudah diraih , mendiaknosis masalah-masalah berguru yang muncul , dan menganggap hasil observasi dan pengembangan yang sudah dilaksanakan merupakan...
a. Manfaat pendekatan pembelajaran
b. Fungsi pendekatan pembelajaran
c. Tujuan pendekatan pembelajaran
d. Prinsip pendekatan pembelajaran
33. Konsep berguru yang menolong guru mengaitkan antara bahan yang diajarkan
dengan suasana dunia kasatmata siswa dan mendorong siswa bikin relasi antara wawasan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka selaku anggota keluarga dan penduduk ialah pendekatan pembelajaran...
a. Kontekstual
b. Kontruktivisme
c. Deduktif
d. Induktif
34. Pendekatan dalam pembelajaran yang lebih menekankan pada tingkat kreatifitas
siswa dalam menyalurkan ide-ide gres yang sanggup diinginkan bagi pengembangan diri siswa yang didasarkan pada wawasan ialah pendekatan pembelajaran...
a. Kontekstual
b. Kontruktivisme
c. Deduktif
d. Induktif
35. Pemberian klarifikasi mengenai prinsip-prinsip isi pelajaran , kemudian diterangkan dalam bentuk penerapannya atau contoh-contohnya dalam suasana tertentu ialah pendekatan pembelajaran...
a. Kontekstual
b. Kontruktivisme
c. Deduktif
d. Induktif
36. Pendekatan pengajaran yang berawal dengan menyuguhkan sejumlah kondisi khusus kemudian sanggup ditarik kesimpulan menjadi sebuah kesimpulan , prinsip atau aturan ialah pendekatan pembelajaran...
a. Kontekstual
b. Kontruktivisme
c. Deduktif
d. Induktif
37. Pendekatan yang mengarahkan penerima didik meguasai konsep secara benar dengan tujuan mudah-mudahan tidak terjadi kesalahan konsep (miskonsepsi) pendekatan pembelajaran...
a. Konsep
b. Proses
c. Open - Ended
d. Saintific
38. Pendekatan pengajaran yang menampilkan peluang terhadap siswa untuk menghayati proses penemuan atau penyusunan sebuah konsep selaku sebuah kemampuan proses pendekatan pembelajaran...
a. Konsep
b. Proses
c. Open - Ended
d. Saintific
39. Problem yang diformulasikan mempunyai multijawaban yang benar ialah pendekatan pembelajaran...
a. Konsep
b. Proses
c. Open - Ended
d. Saintific
40. Pendekatan ilmiah dalam pembelajaran semua mata pelajaran termasuk menggali informasi melaui pengamatan , mengajukan pertanyaan , percobaan , kemudian mengolah data atau informasi , menyuguhkan data atau informasi , dilanjutkan dengan menganalisis , menalar , kemudian menyimpulkan , dan bikin ialah pendekatan pembelajaran...
a. Konsep
b. Proses
c. Open - Ended
d. Saintific
41. Pendekatan eksklusif ditangani guru terhadap anak didiknya untuk memecahkan kendala anak didiknya tersebut ialah pendekatan pembelajaran...
a. Individual
b. Kelompok
c. Bervariasi
d. Edukatif
42. Pendekatan yang ditangani guru dengan tujuan membina dan menyebarkan sikap sosial anak didik serta membina sikap kesetiakawanan sosial ialah pendekatan pembelajaran...
a. Individual
b. Kelompok
c. Bervariasi
d. Edukatif
43. Suatu pendekatan yang ditangani guru untuk menghadapi permasalahan anak didik yang beragam dengan menggunakan kombinasi teknik pemecaham duduk kendala tersebut ialah pendekatan pembelajaran...
a. Individual
b. Kelompok
c. Bervariasi
d. Edukatif
44. Suatu pendekatan yang ditangani guru terhadap anak didik yang bernilai pendidikan dengan tujuan untuk mendidik anak didik mudah-mudahan menghargai norma aturan , norma susila , norma moral , norma sosial dan norma agama ialah pendekatan pembelajaran...
a. Individual
b. Kelompok
c. Bervariasi
d. Edukatif
45. Pendekatan yang ditangani guru terhadap murid lewat rangsangan lisan maupun nonverbal serta lewat sentuhan-sentuhan emosi (perasaan) ialah pendekatan pembelajaran...
a. Emosional
b. Rasional
c. Keagamaan
d. Pengalaman
46. Suatu pendekatan yang ditangani guru terhadap murid dengan cara membimbing perkembangan berfikir murid ke arah yang lebih baik sesuai dengan tingkat usianyamerupakan pendekatan pembelajaran...
a. Emosional
b. Rasional
c. Keagamaan
d. Pengalaman
47. Pendekatan yang memasukkan unsur-unsur agama dalam setiap mata pelajaran dan untuk menanamkan jiwa agama terhadap dalam diri siswa ialah pendekatan pembelajaran...
a. Emosional
b. Rasional
c. Keagamaan
d. Pengalaman
48. Suatu pendekatan yang ditangani guru dengan menampilkan pengalaman-pengalaman terhadap siswa dalam rangka penanaman nilai-nilai pendidikan ialah pendekatan pembelajaran...
a. Emosional
b. Rasional
c. Keagamaan
d. Pengalaman
49. Pendekatan yang ditangani guru terhadap murid lewat cara menanamkan kebiasaan yang bagus dalam kehidupan mereka ialah pendekatan pembelajaran...
a. Pembiasaan
b. Rasional
c. Keagamaan
d. Pengalaman
50. Pendekatan yang ditangani dalam IPS menggunakan pendekatan multidisiplin atau interdisiplin , tidak menyerupai halnya ilmu sosial yang menggunakan pendekatan disiplin ilmu atau…
a. Monodisiplin
b. Multidisiplin
c. Lintas ilmu
d. Perpaduan pengetahuan
Untuk mendownload / menyaksikan soal UP UKMPPG 2019 sesuai bidang anda silahkan klik pada alamat tautan yang tersemat di bawah ini:
Soal UP
Soal UP UKM PPG Taman Kanak-kanak
Soal UP UKM PPG SD
Soal UP UKM PPG SMP
Soal UP UKM PPG SMA
Soal UP UKM PPG SMK
keyword:
soal up ppg 2019
soal up ppg 2018
soal up ppg bahasa inggris
soal up ppg bahasa inggris
latihan soal up ppg
soal up ppg 2019
soal up ppg 2018
soal up ppg
latihan soal up ppg
soal up ppg bahasa inggris
soal ukmppg matematika
soal ukmppg
soal ukmppg matematika
soal ppg pgsd
latihan soal up pgsd
soal up ukmppg pgsd
soal ppg pgsd
soal up pgsd
soal ppg bahasa indonesia
soal skb guru bahasa indonesia
soal ppg fisika
soal ppg kimia
soal ppg tk 2019
soal ppg guru tk
soal ppg tk 2019
soal ppg tk
soal ppg guru tk
soal up ppg
soal ppg sejarah
soal ppg pjok 2019
soal ppg pjok 2019
soal ppg pjok
soal ppg ips smp
soal ppg ips
soal ppg ips smp
soal ppg ipa kemenag
soal ppg ipa smp
soal ppg ipa smp
soal ppg ipa kemenag
soal ppg ipa
soal ppg pkn
Demikian yang modern dari kelas online terkait dengan Kumpulan Soal , Jawaban dan Pembahasan Soal Kompetensi Profesional IPA UP UKM PPG 2019/2020 khusunya Kumpulan Soal dan kunci respon UP PPG MAPEL IPS terbaru
Tidak ada komentar untuk "Kumpulan Soal Dan Kunci Respon Up Ppg Mapel Ips Modern - Kelas Online"
Posting Komentar